Detik-detik Mengerikan Longsor Tebing Setinggi 120 Meter di KBB

Longsor melumpuhkan jalan penghubung desa di KBB

Bandung Barat, IDN Times - Bencana longsor menerjang Kampung Muncanglega RT 02/01 Desa Sukasari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Kamis (25/4/2024) pagi. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Detik-detik longsor tebing setinggi 120 meter dengan panjang 100 meter itu terekam kamera warga hingga kemudian viral di media sosial. Longsor itu melumpuhkan akses jalan penghubung antar desa.

"Tanah longsor menutup Jalan Perbatasan Cisuru Sukasari-Tamanjaya dengan membawa material tanah, batu, dan pohon dengan luas kurang lebih cakupannya seluas 1 hektare persegi," kata Camat Gununghalu Hari saat Mustikadihubungi, Kamis (25/4/2024).

1. Longsor terjadi saat hujan deras

Detik-detik Mengerikan Longsor Tebing Setinggi 120 Meter di KBB(Dok/Istimewa)

Dia mengatakan bencana longsor tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 07.00 WIB mengakibatkan tebing di kampung tersebut mengalami longsor. Bencana itu menimbun badan jalan penghubung antar Desa Sukasari dengan Desa Tamanjaya.

Imbasnya arus lalu lintas dari kedua arah terputus. Hari mengatakan mereka memburuhkan alat berat untuk mengevakuasi material longsor tebing yang memutus akses jalan penghubung desa di Kecamatan Gununghalu itu.

"Jalan tertutup total, jadi belum bisa dilalui kendaran roda dua maupun roda empat. Yang dibutuhkan yakni alat berat untuk membersihkan material longsoran," ucap Hari.

2. Satu rumah warga terancam

Detik-detik Mengerikan Longsor Tebing Setinggi 120 Meter di KBB(Dok/Istimewa)

Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun satu unit rumah yang dihuni oleh dua kepala keluarga (KK) terancam terdampak longsor susulan. Untuk itu ia meminta pemilil rumah segera mengungsi untuk mengantisipasi longsor susulan.

"Saty rumah dengan dua KK yang terancam tanah longsor susulan penghuni atas nama Ruhiyat sebanyak tiga Jiwa dan penghuni atas nama Lili tiga jiwa," ujar Hari.

3. Berpotensi alami longsor susulan

Detik-detik Mengerikan Longsor Tebing Setinggi 120 Meter di KBB(Dok/Istimewa)

Penanganan sementara yang dilakukan petugas saat ini yakni berkoordinasi dengan perangkat desa dan melaksanakan pendataan dampak longsor.

Selain melakukan pendataan, petugas juga memberikan imbauan dan memberi arahan kepada masyarakat agar mewaspadai akan adanya kejadian bencana tanah longsor susulan.

"Diperkirakan masih ada ancaman tanah longsor susulan. Untuk itu, korban terancam tanah longsor sudah kita imbau agar mengungsi ke rumah kerabatnya," kata dia.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Percepat Relokasi Rumah Korban Bencana di KBB

Baca Juga: Korban Pergerakan Tanah di KBB Butuh Kepastian Relokasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya