Braga Bebas Kendaraan, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin

Rekayasa bakal dilakukan agar tidak ada penumpukan kendaraan

Bandung, IDN Times - Satlantas Polrestabes Bandung mulai menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk penerapan Braga Free Vehicle atau Braga bebas kendaraan. Sejumlah opsi pemecah arus lalin juga disipakan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Dari lalu lintas sudah mempersiapkan peta rekayasanya. Apabila terjadi kemacetan pengalihan arus, dan penutupan," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Eko Iskandar, Sabtu (27/4/2024).

1. Rekayasa lalin bersifat permanen

Braga Bebas Kendaraan, Polisi Siapkan Rekayasa Lalinhttps://papaya.idntimes.com/posts/regional

Meski begitu, Eko memastikan, jajarannya akan menunggu terlebih dahulu hasil uji coba Braga bebas kendaraan yang rencananya akan dilakukan pada 4-5 Mei 2024. Setelah itu, aparat akan langsung melaluikan evaluasi.

"Dan hal ini juga akan diimbangi dengan peraturan Perwal, karena ini rekayasa yang sifatnya permanen nanti step-nya mulai dari kami uji coba dulu. Kemudian kalau ini memang bisa dilaksanakan maka akan dibuatkan Perwal nya sebagai dasar hukum," katanya.

2. Petugas akan ditempatkan di beberapa titik

Braga Bebas Kendaraan, Polisi Siapkan Rekayasa LalinIDN Times/Humas Pemkot Bandung

Adapun skema rekayasa lalulintas yang telah disiapkan pihak kepolisian yaitu penempatan petugas gabungan yang akan diberikan di ruas jalan mulai dari Jalan Naripan hingga Lembong, termasuk di dalamnya menempatkan petugas gabungan.

"(Petugas) Nanti kami hitung, sementara kami menyiapkan skema rekaya lalu lintas. Ada beberapa simpul mulai di jalan Naripan, Braga-Lembong, dan ada beberapa titik yang akan kami siapkan," katanya.

3. Pemkot Bandung siapkan beberapa kantung parkir

Braga Bebas Kendaraan, Polisi Siapkan Rekayasa LalinBraga Bandung

Sebagai informasi, kebijakan Braga bebas kendaraan sendiri nantinya melarang semua kendaraan melintasi Jalan Braga. Pengunjung nantinya harus memarkirkan kendaraan di beberapa tempat yang sudah disiapkan Pemkot Bandung.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara menjelaskan, ada sejumlah opsi lokasi kantong parkir yang disiapkan untuk menampung kendaraan, mulai dari lokasi parkir on street hingga gedung-gedung milik pemerintah.

"Di Braga Pendek, Cikapundung, Jalan ABC, Naripan, Braga sesudah rel kereta, Lembong, Viadek, itu parkir on street. Untuk pemerintahan ada Dinas SDA, Bank bjb, Bank Bandung, Bina Marga, Gedung Keuangan Asia Afrika, Pos Giro di Banceuy," katanya.

Baca Juga: Bekas TKD Prabowo-Gibran Jabar Ramai-ramai Calonkan Diri di Pilkada

Baca Juga: Golkar Dorong RK Maju di Pilgub Jabar, Cari Nama Lain untuk Jakarta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya